Berita

    Home / BeritaPenyebab Rematik

Penyebab Rematik

Rematik adalah penyakit yang dikenal sebagai rasa nyeri pada persendian, otot atau tulang. Pendapat lain mengatakan bahwa penyakit rematik sebenarnya adalah penyakit asam urat yang akan menyebabkan persendian menjadi bengkak dan sakit apabila kadar asam urat meningkat di dalam darah. Larangan mandi pada malam hari sering dilontarkan, karena dianggap sebagai penyebab penyakit rematik. Apa sebenarnya penyakit rematik itu? Benarkah mandi malam sebagai penyebabnya?

Rematik tidak hanya menyerang orang tua, tetapi dalam banyak kasus, rasa nyeri ini juga menyerang orang yang masih muda. Rematik atau rasa nyeri pada sendi, otot, jaringan ikat atau tulang disebabkan karena beberapa penyakit, yaitu:

Peradangan Sendi. Biasanya dialami orang yang masih muda bahkan pada anak-anak. Sendi meradang dan membengkak serta menjadi kaku pada pagi hari. Gejala seperti ini bisa lebih dari 1 jam. Dibutuhkan pengawasan dan penanganan dari dokter secara tepat, karena pengobatan yang tidak benar dapat menyebabkan nyeri sendi yang lebih berat bahkan dapat menyebabkan cacat pada penderitanya.

Pengapuran atau orteoartritis. Penyakit ini disebabkan karena adanya penipisan pada rawan sendi. Akibatnya tulang yang membentuk persendian tidak terlidungi dengan baik dan saat bergerak dapat menyebabkan tulang saling berbenturan.

Pengeroposan tulang atau osteororosis. Osteoporosis biasa menyerang orang tua karena sebagian besar disebabkan karena faktor usia dan metabolisme tubuh. Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kepadatan dan massa tulang berkurang.

Tulang adalah organ tubuh yang dinamis, yang melakukan proses perusakan dan pembaruan secara berkala. Proses perusakan tulang disebut resorpsi dan dilakukan oleh sel tulang osteoklas. Sedangkan proses pembaruan tulang disebut formasi dan dilakukan oleh sel tulang osteoblas.

Pada proses normal, proses perusakan (resorpsi) dan pembaruan (formasi) tulang berlangsung secara seimbang sehingga tidak terjadi pengurangan massa tulang. Jika terjadi proses resorpsi yang lebih sering dibandingkan proses formasi, hal ini menyebabkan defisit massa tulang dan menyebabkan osteoporosis. Osteoporosis juga dapat disebabkan karena penggunaan obat-obatan atau penyakit tertentu.

Pencegahan rematik karena osteoporosis.

Konsumsi cukup kalsium. Kebutuhan manusia terhadap kalsium adalah 1000 mg.hari. Kalsium paling banyak dapat diperoleh dari susu, produk hasil turunan susu, ikan teri, dan makanan sejenis. Menghindari gaya hidup yang tinggi osteoporosis. Mengkonsumsi alkohol dan merokok adalah gaya hidup yang harus dihindari karena dapat mempertinggi kemungkinan terjadinya osteoporosis. Selain asupan gizi yang cukup dan gaya hidup yang sehat, diperlukan juga latihan fisik untuk mencegah pengeroposan tulang. Berjalan, berenang dan bersepeda adalah latihan fisik yang paling tepat untuk menghindari osteoporosis. Latihan berjalan yang dianjurkan dalah berjalan lebih cepat dari biasanya disertai ayunan tangan. Frekuensi berjalan yang disarankan adakah selama 30 menit/sehari dan dilakukan 5 kali seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *